Ajwaku ini spesial deh, untuk menambah perkembangan motorik mesti kontrol dulu ke Dokter Sp.A (sekalian vaksin/imunisasi). Jadi Ajwa sering ke dokter pas satu minggu sebelum tambah bulan. Udah sepantasnya dokter tanya ajwa udah bisa ini itu atau belum. Tujuannya untuk mengetahui kalau perkembangan anak sudah pas.

Waktu Ajwa mau masuk ke 4 bulan, dokter bertanya apakah Ajwa sudah bisa tengkurap sendiri, ngehao, ngejerit (bisa, tapi suara ajwa kecil jadi gak kayak menjerit), kepala sudah bisa tegak ketika tengkurap. Perkembangan bisa beda untuk tiap bayi. Nah Ajwa belum bisa tengkurap sendiri,  dokter ajak bicara Ajwa, “Udah mau 4 bulan loh, ayo harus bisa tengkurap sendiri”. Ajwa cuma bisa senyum ke dokter. Dokter sih berpesan sering simpan Ajwa di tempat datar, lebih sering dan lama tengkurap, dan ganti ke popok yang lebih tipis biar mudah pergerakannya. Saran dari dokter langsung dilaksanakan, Eh besokannya Ajwa dah bisa tengkurap sendiri.

Ketika kontrol lagi pas Ajwa mau masuk ke 6 bulan, ditanyain lagi deh ama dokter. Dah bisa guling-guling, push up, pantatnya angkat-angkat. Ajwa belum bisa guling-guling, tapi dah bisa garuk-garuk sih kalo gatal dan cakar muka kalo kuku ajwa ga di potong hehe. Ajwa diajak bicara lagi deh sama dokter “Bentar lagi 6 bulan kok belum bisa guling-guling sih” dan ajwa cuma bisa senyum aja. Besoknya udah bangun dan diajak main oleh neneknya, guling-guling deh Ajwa.

Anak itu perlu sugesti kah? Jujur sih, aku ga pernah buat target anak harus dah bisa ini itu di umur berapa, sesuai kemampuan ajwa saja. Tapi senang juga sih, perkembangan ajwa normal.

Belum 6 bulan, tapi ajwa dah curi start buat MPASI (boleh kata dokter, jadi hajar aja), makanan tambahan pertama Ajwa biskuit buat ngemil. Dengan semangat biskuit di emut dan belepotan kemana-mana hehe.  Selanjutnya Ajwa dikasih Pisang yang sudah dilembutkan dan dicampur ASI.

Catatan: Sesudah dikasih MPASI (pisang, pepaya, dan biskuit). Ajwa jadi susah pup, kasian liatnya pas ngejan. Akhirnya ke dokter dan dikasih sirup pencahar dan mikrolax. Setelah itu, ajwa 3x mengeluarkan pup yang keras dalam waktu 6 jam. Tak tega melihat ajwa usaha keras sampai nangis (mungkin sakit) dan tampak kelelahan.

Happy 6 Month Ajwa, kesayangan Mamah. Tetap beri senyuman untuk orang-orang di sekitar ya.

Advertisements